Oleh

Evaluasi Partisipatif Pemberdayaan Kelompok Tani dengan Vectorial Project Analysis
Penulis: Johan Purnama & Handalan Saifullah
Cetakan: I, 2008
Tebal: iv hal + 98 Hal
Dimensi: 15,5 x 24 cm, HVS

Buku ini secara sederhana menjelaskan bagaimana melakukan monitoring dan evaluasi program secara reguler, agar kemajuan pelaksanaan program dapat dipantau terus menerus, dengan sebuah alat MONEV, Vectorial Project Analysis (VPA).

Di masa lalu, monitoring dan evaluasi atau sering kita kenal dengan Monev, digunakan untuk memantau jalannya program-program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh lembaga swadaya masyarakat, swasta dan pemerintah. Banyak pelaku lapang (ahli pemberdayaan masyarakat) hanya memiliki sedikit, bahkan tidak sama sekali pengalaman dalam memonitor dan mengevaluasi secara reguler kemajuan terhadap pelaksanaan program. Sehingga program yang dilaksanakan hanya bersifat sementara untuk memuaskan lembaga pendonor tanpa ada tindak lanjut dari hasil monitoring dan evaluasi tersebut.

Penggunaan alat-alat monitoring dan evaluasi merupakan salah satu kendala dalam melaksanakan program pemberdayaan yang berkelanjutan. Tidak sesuai dan tidak efektifnya penggunaan alat tersebut untuk program yang bertujuan peningkatan kapasitas dan pemberdayaan masyarakat menjadi hambatan dalam pelaksanaannya.

Buku ini secara sederhana menjelaskan bagaimana melakukan monitoring dan evaluasi program secara reguler, agar kemajuan pelaksanaan program dapat dipantau terus menerus. Bahkan jika ditemui masalah, hambatan serta penyimpangan akan dapat diketahui sejak tahap-tahap awal. Vectorial Project Analysis (VPA) adalah sebuah alat monitoring dan evaluasi program yang dikembangkan dari analisa SWOT. Dan untuk tujuan monitoring dan evaluasi program pemberdayaan masyarakat, VPA telah dikembangkan sebagai alat evaluasi yang lengkap dan mudah dilakukan.

VPA telah digunakan di 4 negara SPFS-FAO ( Indonesia , Bangladesh , Laos dan Srilangka) dan diadopsi dengan beberapa modifikasi yang disesuaikan untuk kebutuhan Program Desa Mandiri Pangan Departemen Pertanian RI di 180 kabupaten. Selain pernah digunakan untuk mengukur pemahaman masyarakat terimbas konflik di Dataran Tinggi Gayo – Aceh Tengah terhadap Memorandum Helsinki 2005 pada bulan Juli 2007, VPA juga telah digunakan oleh Care and Empowerment for Community Foundation (CECOM) untuk melihat secara dekat perubahan pola pikir (mindset) dan taraf kehidupan (livelihood) 136 kelompok penerima program yang tersebar di lima Kabupaten dan 1 Kotamadya di Propinsi Riau.

Buku ini sangat baik untuk dijadikan referensi bagi kalangan pemerintahan, akademisi, peneliti di bidang pemberdayaan masyarakat, para mahasiswa tingkat sarjana dan pasca sarjana, lembaga swadaya masyarakat serta pengambil keputusan pada perusahaan-perusaha an yang berkomitmen dalam melakukan Corporate Social Responsibilty (CSR).

CECOM Foundation menggunakan VPA ini untuk mengevaluasi kegiatannya. CECOM terbuka bekerjasama dengan semua pihak dalam program pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan-pelatihan untuk para mitradampingan dan staf/petugas Community Development perusahaan swasta, pemerintah daerah dan mitra LSM lainnya.

Untuk Pembelian, silahkan hubungi:
CECOM Foundation
Yayasan Peduli Pemberdayaan Masyarakat (YPPM)
Jl. Mawar No. 20 Tangkerang Selatan Pekanbaru 28288
Riau Indonesia
Telepon: +62 (0) 761 7050123, 36470 fax : +62 (0) 761 31163
E-mail: donny@cecom.or.id
Website: http://www.cecom.or.id