Oleh

Permainan “Ini Teman Saya” merupakan teknik perkenalan yang efektif dan dinamis, cocok untuk meramaikan suasana dan mendekatkan hubungan antar peserta.

  • Persiapan: Tidak ada
  • Waktu:  Satu menit / orang
  • Tempat: Ruangan standar, pastikan setiap peserta dapat melihat peserta lainnya
  • Peserta:  Sejumlah orang dalam posisi duduk melingkar

Setiap peserta secara bergiliran memperkenalkan orang yang duduk di sebelahnya. Mereka memiliki waktu 60 detik untuk bercerita kepada semua peserta mengenai orang tersebut. Nama orang tersebut harus akurat, namun keterangan lain harus dikarang. Berikan peserta waktu untuk saling berbincang dan memikirkan ide-ide perkenalan yang unik.

Umpan-balik:

Semakin aneh perkenalan tersebut, semakin besar kemungkinan para peserta dapat saling mengingat nama peserta lainnya, terutama jika namanya diulang beberapa kali sepanjang latihan tersebut. Berusahalah untuk kreatif, tapi waspadalah pada kemungkinan yang akan mempermalukan seseorang.

Variasi:

Untuk meningkatkan kekuatan latihan ini sebagai pemecah kebekuan, dan untuk menambah kesenangan, dapat diberlakukan beberapa batasan, misalnya dalam sebuah perkenalan harus ada sepuluh kalimat mengenai orang yang diperkenalkan dan secara keseluruhan durasinya tidak boleh lebih dari 60 detik. Fasilitator juga dapat membagikan sebuah senjata mainan seperti bola atau pistol air kepada peserta untuk ’menghukum’ orang yang bicara terputus-putus atau melebihi batas waktu.

Sumber: Departemen Sosial RI. 2005. Cara Mudah Membangun Kerjasama Kelompok Usaha Bersama (KUBE): Buku Pegangan Pendamping Sosial. Jakarta: Direktorat Bantuan Sosial Fakir Miskin.