Oleh

Panduan ini terdiri dari 10 seri yang memuat mulai dari filosofi pemetaan partisipatif, bagaimana menyelenggarakan sebuah pertemuan untuk membahas tentang pemetaan kampung, sampai pada aspek teknis penggunaan alat bantu seperti Global Positioning System (GPS), dan Kompas untuk survei pemetaan.

Seri panduan ini merupakan kolaborasi tulisan dan pengalaman dari para fasilitator JKPP, yang secara aktif telah berpengalaman memfasilitasi pemetaan kampung sejak JKPP terbentuk, seperti Ita Natalia, Restu Achmaliadi, Imam Hanafi, Hilma Safitri, Idham Kurniawan dan Albertus Hadi Pramono.

Adapun seri Panduan Pemetaan Partisipatif JKPP terdiri dari:

  1. Seri 1 Apa Yang Dimaksud Dengan Pemetaan Partisipatif? – Menjelaskan apa yang dimaksud dengan pemetaan partisipatif, mengapa pemetaan partisipatif perlu dilakukan, dan kegunaan peta hasil pemetaan partisipatif.
  2. Seri 2 Mengenalkan Pemetaan Partisipatif – menjelaskan apa yang dimaksud dengan fasilitator, perencanaan dan dan pelaksanaan pertemuan kampung, dan teknik memfasilitasi pengenalan pemetaan partisipatif.
  3. Seri 3 Pertemuan Dalam Pemetaan Partisipatif – menjelaskan tentang pertemuan perencanaan partisipatif, pertemuan persiapan penyelesaian peta dan pengecekan informasi, dan pertemuan pengesahan peta penyusunan rencana tindak lanjut.
  4. Seri 4 Geografi Dan Koordinat – menjelaskan apa yang dimaksud dengan koordinat peta, jenis-jenis koordinat peta, koordinat bujur-lintang (koordinat geografi), dan koordinat Universal Transverse Mercator (UTM).
  5. Seri 5 Jenis-Jenis Peta Dan Fungsi – menjelaskan jenis-jenis peta secara umum, jenis-jenis peta berdasarkan tujuannya, dan jenis-jenis peta tematik dalam pemetaan partisipatif.
  6. Seri 6 Membuat Peta Sketsa – menjelaskan apa yang dimaksud dengan peta sketsa, cara membuat peta sketsa, dan kegunaan peta sketsa hasil pemetaan partisipatif.
  7. Seri 7 Pemetaan Dengan Kompas – menjelaskan pola dasar pemetaan dengan kompas, persiapan dan alat-alat yang digunakan, pelaksanaan pemetaan, dan teknik menggambar peta serta menghitung luas.
  8. Seri 8 Pemetaan Dengan GPS – menjelaskan apa yang dimaksud dengan GPS serta cara kerjanya, melaksanakan pemetaan dengan menggunakan GPS, alat dan baha yang digunakan, dan teknik menggambar peta serta menghitung luas.
  9. Seri 9 Pemetaan Tiga Dimensi – menjelaskan apa yang dimaksud dengan peta tiga dimensi (3D), alat dan bahan yang digunakan dalam membuat peta 3D, tahap-tahap pembuatan peta 3D, serta kegunaan peta 3D.
  10. Seri 10 Alat-Alat Pemetaan – menjelaskan cara menggunakan Kompas dalam pemetaan partisipatif, cara penggunaan klinometer dalam pemetaan partisipatif, dan cara penggunaan GPS dalam pemetaan partisipatif.

Sumber http://www.jkpp.org/content.asp?pmid=5&mid=130