Oleh

Materi Pelatihan Pendekatan Partisipatif LGSP

Pendekatan partisipatif merupakan ciri khas LGSP dalam memberikan bantuan teknisnya. Pendekatan ini menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa dan mengejawantahkan konsep-konsep pembelajaran kontekstual melalui metode-metode fasilitasi yang efektif. Metode ini dikembangkan staf dan mitra LGSP dari berbagai pengalaman, baik nasional maupun internasional dan telah digunakan dalam program LGSP di berbagai lokakarya, seminar dan pertemuan dengan berbagai pihak.

Setelah diterapkan pada pelatihan bagi pemerintah lokal yang menjadi mitra, organisasi-organisasi masyarakat, LSM, perguruan tinggi dan pemerintah pusat, metode ini selanjutnya diterapkan oleh mitra-mitra LGSP di lingkungan mereka sendiri.

Partisipasi Organisasi Masyarakat Warga dalam Proses Perencanaan dan Penganggaran Daerah: Panduan Pelatihan

Panduan pelatihan ini ditujukan bagi para fasilitator dan pelatih yang melakukan pembinaan kemampuan masyarakat dan organisasi masyarakat warga berkaitan dengan keterlibatan mereka dalam siklus perencanaan dan penganggaran pemerintah daerah. Panduan ini menjelaskan tentang kerangka hukum bagi partisipasi masyarakat dalam pemerintahan daerah serta dalam siklus tahunan perencanaan dan penganggaran daerah. Dijelaskan juga bagaimana masyarakat dapat terlibat dan mempengaruhi rencana dan anggaran pemerintah daerah.

Sumber www.lgsp.or.id

Link download:

http://www.lgsp.or.id/teams/index.cfm?fuseaction=detail&id=15

http://www.lgsp.or.id/publications/index.cfm?fuseaction=pubdetail&ID=268