Oleh

Seluruh bangsa Indonesia tentu bersedih memperhatikan perkembangan yang tengah terjadi di bumi Indonesia. Hingga kini tragedi kemanusiaan telah menyebar hampir di seluruh penjuru tanah air. Korban-korban kemanusiaan terus berjatuhan. Ribuan pengungsi terpaksa meninggalkan rumah dan kampung halaman yang mereka cintai. Mereka bingung harus kemana dan bersikap bagaimana dalam menghadapi musibah kemanusiaan ini.

Yayasan Nurani Dunia yang didirikan dengan tujuan membantu sesama manusia, telah melakukan banyak hal guna membantu saudara-saudara kita yang sedang ditimpa musibah. Tidak hanya memberikan bantuan, Yayasan Nurani Dunia juga melakukan program-program pemberdayaan yang tujuannya adalah agar masyarakat yang tertimpa bencana dapat kembali hidup dengan baik dan mandiri. Berbagai Pogram dan Aktivitas yang telah dilakukan selama ini, dapat dilihat pada bagian ini.

VISI

Yayasan Nurani Dunia merupakan lembaga nonprofit yang menyelenggarakan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana alam dan sosial secara cepat, tepat dan terencana dengan berlandaskan prinsip non partisan, jujur, transparan, independen dan profesional agar kehidupan korban bencana dapat pulih kembali.

MISI

  1. Melakukan identifikasi korban bencana alam dan sosial, khususnya di Indonesia.
  2. Menggalang partisipasi masyarakat di tingkat nasional dan internasional, baik individu, kelompok maupun lembaga, untuk ikut membantu korban bencana alam dan sosial.
  3. Menggalang aksi bantuan cepat untuk korban bencana alam dan sosial, khususnya korban di daerah pengungsian.
  4. Melaksanakan program bantuan darurat kemanusiaan dan pemulihan komunitas dalam upaya menumbuhkan kembali kepercayaan, kebersamaan dan perdamaian di wilayah konflik.
  5. Mengembangkan pembangunan komunitas partisipatif (participatory community development) untuk meningkatkan kemandirian korban bencana alam dan sosial serta masyarakat setempat sehingga tercipta komunitas responsif.
  6. Mengupayakan pencegahan terjadinya bencana alam dan sosial.
  7. Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap bantuan-bantuan kemanusiaan yang dilaksanakan oleh Yayasan Nurani Dunia.
  8. Ikut berperan aktif melakukan pengawasan terhadap bantuan-bantuan kemanusiaan yang dilaksanakan oleh berbagai lembaga.

TUJUAN

  1. Berkurangnya penderitaan, tumbuhnya kepercayaan dan harapan serta pulihnya kehidupan korban bencana alam dan sosial.
  2. Tumbuhnya kepedulian antar sesama dari berbagai elemen masyarakat di tingkat nasional maupun internasional untuk melakukan aksi kemanusiaan bersama.
  3. Terciptanya komunitas responsif yang mampu memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana alam dan sosial secara terpadu.
  4. Terbentuknya Yayasan Nurani Dunia sebagai lembaga yang memiliki sistem administrasi yang transparan, efektif, efisien, dan memenuhi standar kerja profesional.
  5. Terwujudnya jaringan informasi, komunikasi dan koordinasi antar lembaga pemerintah dan nonpemerintah dalam menyelenggarakan aktivitas kemanusiaan.

Kontak Yayasan Nurani Dunia

Jl. Proklamasi No. 37
Jakarta Pusat 10320
Tel. (+6221) 391-3768 / Fax. (+6221) 3910-579
website www.nuranidunia.or.id